Soal Performance

Sesi latihan saat Pep masih di FC Barcelona

“I only ask this of you. I won’t tell you off if you misplace a pass, or miss a header that costs us a goal, as long as I know you are giving 100 per cent. I could forgive you any mistake, but I won’t forgive you if you don’t give your heart and soul to Barcelona.
I am not asking results of you, just performance.”
~ some of Guardiola talks on the first day of training in St. Andrew, Scotland pre-season 2008

Yang Pep inginkan dari timnya adalah usaha mereka, performance masing-masing. Ia menuntut para pemainnya untuk memberikan 100% effort mereka. Tidak masalah apabila ternyata mereka salah oper bola, kalah dalam duel udara yang bahkan menyebabkan gawang mereka kebobolan. Dengan catatan mereka sudah berusaha semaksimal mungkin. Yang tidak bisa ditolerir oleh Pep adalah apabila mereka tidak berusaha sekuat tenaga. Bukan skor akhir yang ia minta tapi performance.
Filosofi yang bagus dari Guardiola. Sepertinya ia menganut keniscayaan bahwa usaha yang maksimal akan memberikan hasil yang maksimal. Pun misalnya hasil itu tidak tercapai (misalnya tim Cuma bisa seri atau bahkan kalah dalam pertandingan), selama mereka sudah memberikan yang terbaik itu sudah lebih dari cukup.

Konsep yang sederhana. Konsep yang sama bisa diaplikasikan dalam kehidupan kita, dalam hubungan kita dengan Rabb kita (hablunminallah) dan sesama manusia (hablunminannaas). Lakukan saja yang terbaik, semaksimal mungkin tanpa peduli hasil akhirnya akan seperti apa. Tak perlu kita hitung-hitung sudah berapa pahala atas amalan yang sudah kita lakukan, terus saja beramal.
Bersedekah semampunya, bisanya 10 rebu perak cemplungin saja ke kotak amal…
Sholat malam bisanya Cuma 2 rakaat karena mata masih berat dan ngantuk, lakukan saja. Semaksimal mungkin…
Berbuat baik kepada sesama rekan, teman, lakukan saja tanpa perlu mengharap balasan atau sekedar ucapan terimakasih…

Bukankah Rumi juga berkata, “berjalanlah kepada-KU walaupun sampai pincang kakimu melangkah…”.


* Maaf bukan ustadz, Cuma lagi kesengsem berat sama mas Guardiola… 

Comments

Popular Posts