ISENG


ISENG. Akhir-akhir ini saya sedang suka baca buku-buku yg merupakan hasil tulisan seseorang, konsep atau gagasan org tsb terhadap isu tertentu atau sekedar hasil pemikiran dari perjalanan kehidupan.


Seperti misalnya :

  - SIMULAKRA SEPAKBOLA. Buku ini saya dapatkan dari stand buku indie pd acara Pekan Literasi Kebangsaan di Bandung minggu lalu. Atas rekomendasi seorang teman, buku ini bagus katanya. Dan memang betul, warna sepakbola yg merupakan hobi si penulis dominan di tulisannya namun bukan berarti melulu soal sepakbola. 
Kalau buku satu lagi; TAMASYA BOLA nah ini betul2 secara technical membahas bola, you'll love it for sure!

  - FACES & PLACES, buku ini berisi kumpulan tulisan jurnalis senior, Desi Anwar. Saya suka memperhatikan gayanya di televisi yg menyiratkan intelektualitasnya. Dan sejauh ini saya suka mengikuti perjalanannya di Turki, Jepang, Italy dab pertemuannya dgn sejumlah tokoh di buku ini.

  - ALEPPO. Buku ini hasil tulisan jurnalis senior juga, mas Rusdi Mathari yg notabene kantornya dekat dgn kantor saya tempo lalu. Buku ini merupakan rangkuman tulisan2nya di facebook yg didokumentasikan atas inisiatif teman2 penerbit di Jogja. Beberapa subjek yg saya suka : Juhaiman, Cilok, Ahimsa, Cathala, Nejad dsb. Mengagumi tulisannya dari awal perkenalan dgnnya, membuat saya beli bukunya yg kedua : MERASA PINTAR, BODOH SAJA TAK PUNYA, Kisah Sufi dari Madura. Buku ini adalah rangkuman cerita fiksi dgn tokoh Cak Ndlahom yg penuh dgn hikmah. Cerita bersambung ini pernah dimuat di situs mojok selama 2x periode bulan Ramadhan.

  - SECANGKIR KOPI JON PAKIR. Tak diragukan lg, Emha Ainun Najib adalah salah satu tokoh yg saya kagumi. Ilmunya tinggi walaupun kadang orang awam salah mengartikannya. Buku ini adalah kumpulan tulisan pendeknya menyoroti persoalan-persoalan hidup yg dimuat di salah satu surat kabar daerah di Yogyakarta pd rentang waktu 1987 - 1988.

  - BOYS BEYOND THE LIGHT. Buku ini sebenarnya novel tapi disadur dari kisah nyata. Kisah 4 (empat) orang remaja yg 'terjebak' masuk kedalam gerakan teroris di Iraq & Suriah, you know which one. 

  - DIPLOMAT KENANGAN. Tulisan-tulisan ringan dan kocak karya Agus Mulyadi dari jogja.

  - PEMBURU DI MANCHESTER BIRU. Buku ringan hasil karya seorang reporter dari petualangannya meliput kesebelasan Manchester City FC. Ya, karena faktor City ini lah makanya saya beli buku ini...hehehehe...

  - DIMENSI MISTIK DALAM ISLAM. Buku ini baru beli sih, salah satu hasil karya terbesar Annamarie Schimmel yg sampai akhir hayatnya tidak diketahui apa agamanya. Buku ini mengulas detail soal ilmu tasawuf.

Selain itu saya sedang suka baca cerpen karya Puthut EA. Lalu ada novel biografi Gus Dur, PECI MIRING. Ada juga kumpulan cerpen sufi karya Danarto, SETANGKAI MELATI DI SAYAP JIBRIL. Agak berat ini cerita2nya makanya belum selesai2.. Salah satu cerpennya malah diambil dari wawancara Goenawan Muhammad dgn Majalah Matra yg mengatakan bahwa surga dan neraka itu bukan tempat. Jika ada yg mengartikan suatu tempat, itu salah. Wow...

Yg terakhir ada Novel Raja Bonar, RESTORAN LEE. Novel ini jg terinspirasi dari kisah nyata. Cerita tentang mahasiswa doktoral bidang pesawat terbang yg bekerja sambilan sebagai 'kellner' (pelayan restoran - bhs jerman).

* Bukan mau pamer, hanya iseng nulis saja. Tulisan iseng di siang hari mendung saat si bungsu sedang terlelap, abang-abangnya sedang pergi kerumah neneknya dan tidak ada mainan lain selain mama-nya

Comments

Popular Posts